Trip kali ini bisa dibilang ide spontan. Saat gue tau Nanta udah punya tiket ke Singapura & KL bersama seorang temannya, Yusnadi, tiba2 aja gue minta ikut. Hunting sana-sini, hingga akhirnya dapatlah tiket Air As** tapi dengan flight yang beda untuk rute JKT-SIN. Hahaha… Entah ini dibilang gue yang berani atau nekat :p

Delay oh delay…
Otak dan hati gue udah mulai ga sinkron lagi untuk selesaikan semua kerjaan. Grabag-grubug delegasiin kerjaan supaya bisa tenang buat 2 hari cuti. Sip… semua beres, saatnya meluncur ke Soetta.
Oh dam*… delay bikin gue mati gaya. Sekitar 1 jam, flight gue mundur dari skejul yang seharusnya. Tidur mulai di ruang tunggu, trus lanjut lagi di pesawat. Berharap bisa punya tenaga ekstra buat kuat melek sampe malam *alibi :p

Nyasar oh nyasar…
Sekitar jam 10 malam gue tiba di Changi Airport. Clingak-clinguk kaya’ Angelina Jolie kehilangan Brad Pitt (perumpamaan yang aneh :p). Untung aja petunjuk disitu jelas, bener2 membantu banget deh buat gue yang baru pertama kali menginjak Singapura. Gue langsung ke stasiun MRT buat naik menuju Bugis. Sampai di stasiun Tanah Merah, gue lihat orang2 turun. Hampir lupa kalo gue harus turun disitu trus sambung lagi MRT ke Bugis. Hahaha.. untung aja ga kebawa ke bandara lagi *lucky no. 1
Bugis masih rame. Mungkin karena malam minggu ya. Sightseeing sambil meredam gejolak & hasrat untuk shopping. Caranya pasang kacamata kuda. Sebisa mungkin ga tengok kanan-kiri atau berhenti. Perut mulai keroncongan, gue balik lagi menuju Burger K**g. Sambil tanya2 ke pramusaji jalan menuju ke InnCrowd Hostel di daerah Little India.
Beres makan, langsung jalan ke arah yang ditunjukkan. Dengan pede, gue terus melangkah. Katanya cuma 10 menit, koq 20 menit ga sampai2 juga. Hahaha... feeling gue sih salah jalan. Lihat peta tambah bingung. Capek jalan, gue nyebrang buat naik bus balik arah. Lumayan lama nunggunya, mungkin karena udah tengah malam. Bus datang, ternyata gue cuma sendiri penumpang disitu. Turun, tanya2 lagi ke sekelompok anak muda yang lagi nongkrong di pinggir jalan. Mereka kasih tau jalan pintas menuju Little India *lucky no. 2
Akhirnya sampai di Little India. Muter2 cari Dunlop St. Udah jarang orang yang bisa ditanyain, ya secara jam 00.30 dini hari. Tanya polisi, ternyata gue kelewatan. Balik lagi, lewat jalan2 kecil & sepi. Jalan santai sih, tapi kalo udah denger suit2an langsung jalan cepet tanpa menoleh kiri kanan. Keringet mengucur deras sampai baju gue berasa lepek. Syerem juga sih…
Fuihh… plang Dunlop St. kelihatan. Bagai melihat kasur di depan mata. Apalagi pas ketemu Nanta & Yus. Bagai melihat 2 pendekar penumpas kejahatan. Hahaha… lebay mode on.
Tanpa ba-bi-bu, langsung check in, menuju kamar, mandi & tidur. Suara dengkuran tempat tidur sebelah & goyangan dari tempat tidur atas akhirnya jadi pengantar tidur gue. Zzz…

Pegel oh pegel…
Jam 9-an, kita baru beranjak. Susah deh nunggu para manusia malam bangun *lirik Nanta & Yus.
Let’s start the journey! Keluar dari hostel di kawasan Little India, kita jalan menuju ke stasiun MRT Bugis. Naik MRT ke Orchard Road, surganya para shopaholic. Yup, kanan-kiri emang jajaran shopping mall. Mantab deh bikin ngiler ;). Mungkin emang kebanyakan cewe Singapore itu fashionista ya, dimanapun gue temuin cewe2 yang fashionable banget. Gue berasa lagi jalan di catwalk deh diantara mereka, tapi lagi saltum. Hahaha…

kawasan Shopaholic, Orchard Road

Dari situ lanjut lagi ke Vivo City. Naik ke lt.3 yang view-nya keren banget. Cocok deh buat tempat nge-galau. And... seseorang nun jauh disana sukses merusak mood gue :(

tempat nge-galau, Vivo City lt.3

Nyebrang ke Sentosa Island. Narsis2an di icon Sentosa, Merlion Walk & Song of The Sea. Ngiler pengen ngerasain iFly, tapi apa daya. Trus nge-galau (lagi) di Palawan Beach.

narsis2an di Sentosa Island

China Town, tempat shopping buat yang kere’ macam gue. Pisahlah gue dari 2 cowo itu. Ga puas cuma window shopping, terkuraslah SGD gue disini. Nambahlah beban tas gue, 4 potong kaos & sederet gantungan kunci. Lumayan bisa buat sogokan ampuh orang2 di rumah ;)

hunting barang murmer di China Town

Gue lanjut lagi, naik MRT ke Esplanade. Capek jalan, mampir dulu ke Dunk** Donuts di Esplanade Complex. Minum2, duduk2, sambil ngelurusin kaki & istirahatin bahu.
Janjian ketemuan lagi sama 2 cowo itu di Merlion Park. Disini akhirnya gue harus buka peta :nohope. Muter2 peta, muter2 badan, muter2 kepala. Hahaha… bingung sama posisi gue. Jalan selangkah, balik lagi. Buka peta lagi, muter2 badan lagi. Udah kaya’ orang stress deh. Yup, hingga akhirnya ketemu Esplanade. Berarti gue ga salah jalan. Trus jalan lagi, ketemu deh si patung Merlion. Yipiii…

icon Singapore, Merlion

Matahari mulai meredup saat kita beranjak. Setelah puas menikmati sore di Singapore River, kita menuju Little India (lagi) untuk shopping (lagi) di Mustafa Centre. Saat itu, Little India sangat crowded. Sepanjang jalan penuh dengan gerombolan orang India. Mungkin sedang ada perayaan. Pokoknya berasa di India banget deh (kaya’ udah pernah aja :p). Dan suasana itupun ditemani dengan seporsi nasi lemak (ga nyambung sih, harusnya ada bau2 India gitu).
crowded-nya Little India

Dari Little India, kita naik MRT ke Woodsland trus disambung dengan bus yang lama datangnya. Asli bikin hati ketar-ketir. Kuatir ketinggalan kereta, sampai harus lari2an menuju imigrasi. Fuih… akhirnya hari itupun ditutup dengan perjalanan panjang di kereta *** (apa gitu namanya :p) menuju KL.

FYI:
  • Jangan takut kesasar di Singapore, karena petunjuk jalan disana sangat lengkap. Peta kota, jalur MRT, jalur bus, nama jalan seliweran disana-sini. Tapi kalo’ buta sama peta (kaya’ gue), ingat pepatah “malu bertanya, sesat di jalan”. Masih nyasar? Kasiaaaaan deh lo :p
  • Untuk urusan tempat tinggal & makan, ga usah kuatir. Banyak hostel murah yang sesuai dengan kantong kere’. Gue nginep di InnCrowd Hostel, semalamnya SGD 20 (kira2 140rb). Kalo’ urusan makan, ga usahlah berat2 bawa bekal dari Indonesia. Mau piknik bu? :p. Banyak makanan yang (katanya) enak. Tapi menurut gue, tetep enakan makanan Indonesia. Emang lidah gue Indonesia banget :)
  • Selalu sedia air mineral. Kita banyak menghabiskan waktu dengan jalan kaki, cukup menguras keringat tuh. Tapi harga air mineral lumayan mahal. So, jangan buang botol bekasnya, pas lihat kran refill air mineral, langsung penuhin tuh botol. Tapi menurut gue, air mineralnya kurang enak, ada rasa2 pahit gitu deh :(
  • Cowo India tuh suka banget bergerombol (ini yang gue lihat di Little India). Mungkin kalo’ disetel lagu India keras2, mereka langsung buat formasi tarian, persis di film2 India :p
  • Ke negara orang secara ga sadar membuat kita membanding2kan dengan tanah air. Ya, memang Singapore jauh2 lebih maju di segala bidang. Sistem MRT yang ok & tepat waktu, kota yang bersih, bebas polusi, bebas macet, dan segala plus2 yang lainnya. Tapi, tetep aja ada hal yang gue ga dapat disini, yaitu keramahan. Apa mungkin itu karena orang Indonesia suka basa-basi ya? Hahaha…

29 - 30 October 2011
Singapore yang tertib, bersih & aman